Monday, March 11, 2013

Beberapa fakta dibalik hit single Blink 182


Blink 182 memang sempat bubar, tapi mereka sudah kembali lagi sejak tahun 2009 dan di tahun 2011 lalu mereka sukses merilis album terbaru mereka yang berjudul 'Neighborhood'. Tapi postingan ini tidak terlalu memperdulikan seperti apa musik mereka yang baru, seberapa nge'punk' mereka di usianya yang sudah tidak muda lagi dan seberapa kuat magnet mereka untuk kembali menarik fans setia mereka yang kebanyakan sudah pergi. Postingan ini hanya membahas sebuah fakta dibalik Blink 182 disaat mereka belum bubar. Berawal dari hal kecil yang di eksplorasikan oleh 3 orang gila hingga menjadi hit single yang tak tergantikan bagi pecinta musik di belahan dunia ini.

1.  Josie. Lagu ini menjadi Hit Single Blink 182 pada era 90-an ketika mereka baru merilis 4 album. Lagu ini  pada dasarnya bertemakan tentang seorang wanita idaman (dikhususkan untuk Mark yang notabene penulis lirik). Siapa yang kira jika 'Josie' itu adalah nama anjing kesayangan Mark. Jadi pada lagu ini ia hanya berfantasi tentang seorang wanita idaman(nya).

2. All the Small Things adalah lagu pertama yang diciptakan Tom buat Jennifer, pacarnya waktu itu (sekarang sudah menjadi istri) Tom membuatnya karena sebelumnya dia belum pernah membuatkan lagu untuk pacarnya, padahal pada saat itu Blink sudah memiliki 5 album dan tidak bisa dihitung sudah berapa wanita yang dekat dengan Tom. haha

3. Adam's Song diilhami dari e-mail yang diterima Mark Hoppus dari seorang remaja laki-laki berumur 16 tahun bernama Adam yang merencanakan bunuh diri. Ternyata dengan cerdas Mark me-metaforakannya dengan cerita tentang kejenuhan mereka (blink182) dalam menjalani tur keliling Amerika, dan berbagai macam kejenuhannya menjadi Rockstar. Dari situlah awal terciptanya single mereka Adam's Song yang dimasukkan pada album Enema of the State. 

4. What's My Age Again pada awalnya berjudul Peter Pan Complex. Tapi pihak label meminta mereka mengganti judulnya agar lebih simpel hingga akhirnya dengan berat hati mereka menggantinya menjadi What's My Age Again.

5. Di akhir lirik lagu Man Overboard, tampak blink menceritakan tentang 'seseorang pria' yang lebih jelasnya bisa melihat lirik dibawah. Banyak pers maupun web yang mengecap jika laggu tersebut adalah sebuah persembahan untuk mantan drummer mereka yaitu Scot Raynor yang pada saat itu dikeluarkan karena ketergantungan obat-obatan. Bisa dibilang ini adalah lagu perpisahan Mark dengan Scott, sama halnya dengan lirik No, It isn't-nya +44 yang diceritakan tentang perpisahanya Mark dengan Tom. Tapi ketika ditanyakan langsung kepada Mark maupun Tom mereka secara langsung menolak pernyataan tersebut. Mungkin juga ini sebuah kebetulan atau mungkin juga ini sebuah fakta yang ditutup-tutupi.
Ini adalah petikan lirik dari Man Overboard

"Man on a misson
Can't say I miss him around
Insider information
Hand in your resignation
Loss of a good friend
Best of intenstions I found
Tight lipped procrastination
I'll never see you around" 

6. Mark memasukkan sebuat potongan surat milik Kakeknya yang ditujukan kepada Neneknya pada lagunya, Surat itu ditulis ketika Kakek dari Mark ikut terlibat dalam perang dunia ke-2. Isi Suratnya seperti ini
  
"my dearest,

i've missed you very very much since that last night we were together

i will hold that night especially in my memories for years to come
i've been turning it over and over my mind lately
i've read your letter at least four times, and i will probably read it more times before i'm through
i've been sitting here, looking at your picture and getting more homesick every minute
i've wanted that picture more than anything else i know of except of course you yourself
i keep thinking of you darling
keep wishing i could be home with you
i want to leave in the worst possible way, so i could come home to see you
but... things don't look so good in that subject
this war has spoiled a lot of things for everyone i guess
i've never been so lonesome in my life as i am right now
i'm completely lost without you darling
i never realized i could miss any one person so much
i just hope it won't be too much"

Petikan surat tersebut diselipkan pada akhir lagu Violence hingga awal track berikutnya Stockholm Syndrome pada album Untitled.

7. All Of This adalah sebuah track yang bisa dibilang sangat biasa. Walaupun tidak menjadi hits single dan jarang dimainkan pada saat live. Tapi proses perekaman lagu ini lah yang patut dibilang 'dreams come true' bagi Blink 182, mereka menyelesaikan track ini di empat studio berbeda hingga proses rekaman itu selesai, lalu mereka mengirimkan data record mereka ke London. Kenapa harus ke London? Ternyata mereka bertiga begitu mengidolakan band legendaris The Cure, terutama Robert. Mereka dengan penuh hormat meminta Robert untuk mengisikan vokal satu lagu penuh pada track All Of This.

8. Pada Lagu Feeling This, bagian terakhir terdengar suara teriakan Tom (fate fell short this time). Siapa yang menggira jika teriakan itu direkam di dalam sebuah ruangan sepanjang 30 kaki dan Tom sendiri berdiri 10-15 kaki yang jauh dari posisi mikrofon.

9. 2 Hit Single mereka yaitu 'First Date' dan 'The Rock Show' ternyata diciptakan di hari yang sama. Pada saat itu Tom menciptakan First Date dan Mark menulis The Rock Show.

3 comments

Unknown May 18, 2013 at 4:53 PM

nice info bro !
kunjungi juga blog aku ya http://breakingthegravity.blogspot.com/

salam Blinkers

Damhca Tahxton June 4, 2015 at 7:43 PM

kayanya bagus tuh yang adam song

pengobatan kista endometriosis

wapeng April 29, 2016 at 12:16 PM

Teriakan Tom di part akhir itu 'are we alone, do you feel it' kalo yg fate fell short this time' itu suara mark

Post a Comment